Dalam kritik normatif ini, kritikus mempunyai
pemahaman yang diyakini dan kemudian menjadikan norma sebagai tolak ukur,
karena kritik normatif merupakan salah satu cara mengkritisi berdasarkan
prinsip tertentu yang diyakini menjadi suatu pola atau standar, dengan input
dan output berupa penilaian kualitatif maupun kuantitatif.
- Hakikat kritik normatif adalah adanya keyakinan (conviction)
bahwa di lingkungan dunia manapun, bangunan dan wilayah perkotaan selalu
dibangun melalui suatu model, pola, standard atau sandaran sebagai sebuah
prinsip.
- Melalui suatu prinsip, keberhasilan kualitas lingkungan
buatan dapat dinilai
- Suatu norma tidak saja berupa standard fisik yang dapat
dikuantifikasi tetapi juga non fisik yang kualitatif.
- Norma juga berupa sesuatu yang tidak konkrit dan bersifat
umum dan hampir tidak ada kaitannya dengan bangunan sebagai sebuah benda
konstruksi.
Metode
Kritik Normatif
Karena kompleksitas, abstraksi dan
kekhususannya kritik normatiF dibedakan kedalam 4 metode yaitu :
- Metoda Doktrin
Satu norma
yang bersifat general, pernyataan prinsip yang tak terukur
- Metoda Sistemik
Suatu norma
penyusunan elemenelemen yang saling berkaitan untuk satu tujuan
- Metoda Tipikal
Suatu norma
yang didasarkan pada model yang digenralisasi untuk satu kategori bangunan
spesifik
- Metoda Terukur
Sekumpulan
dugaan yang mampu mendefinisikan bangunan dengan baik secara kuantitatif
Jadi dalam
kritik arsitektur ini saya ambil salah satu metode kritik arsitektur yaitu
kritik metoda doktrin
Metode Kritik
Doktrin
- Doktrin sebagai dasar dalam pengambilan keputusan desain arsitektur yang berangkat dari keterpesonaan dalam sejarah arsitektur.
- Sejarah arsitektur dapat meliputi : Nilai estetika, etika, ideologi dan seluruh aspek budaya yang melekat dalam pandangan masyarakat.
- Melalui sejarah, kita mengenal :
Form Follow
Function - Function Follow Form
Form Follow
Culture - Form Follow World View
Less is More
- Less is Bore
Big is
beauty – Small is beauty
Buildings
should be what they wants to be
Building
should express : Structure, Function, Aspiration, Construction Methods,
Regional Climate and Material Ornament is Crime - Ornament makes a sense of
place, genius loci or extence of architecture.
- Doktrin bersifat tunggal dalam titik pandangnya dan biasanya
mengacu pada satu ‘ISME’ yang dianggap paling baik.
Keuntungan Metode
Kritik Doktrinal
- Dapat menjadi guideline tunggal sehingga terlepas dari pemahaman yang samar dalam arsitektur
- Dapat memberi arah yang lebih jelas dalam pengambilan keputusan
- Dapat memberikan daya yang kuat dalam menginterpretasi ruang
- Dengan doktrin perancang merasa bergerak dalam nilai moralitas yang benar
- Memberikan kepastian dalam arsitektur yang ambigu
- Memperkaya penafsiran
Kerugian
Metode Kritik Doktrinal
- Mendorong segala sesuatunya tampak mudah
- Mengarahkan penilaian menjadi lebih sederhana
- Menganggap kebenaran dalam lingkup yang tunggal
- Meletakkan kebenaran lebih kepada pertimbangan secara individual
- Memandang arsitektur secara partial
- Memungkinkan tumbuhnya pemikiran dengan kebenaran yang “absolut”
- Memperlebar tingkat konflik dalam wacana teoritik arsitektur
contoh
kritik normatif dengan metode doktrin
GUGGENHEIM
MUSEUM BILBAO
Arsitek :
Frank Gehry
Luas
lahan :
32.700 m2
Peresmian : 18
October 1997
Konsep Bangunan : Bergaya Arsitektur Kontemporer atau Dekonstruktivisme
Merupakan museum dan seni modern
kontemporer. Museum ini dirancang oleh arsitek Kanada-Amerika yaitu Frank
Gehry, dibangun oleh Ferrovial dan terletak di Bilbao, Basque Country,
Spanyol. Guggenheim Museum Bilbao dibangun di sepanjang Sungai Nervion dan
merupakan salah satu dari beberapa museum milik Solomon R. Guggenheim
Foundation. Hal yang sangat mengagumkan dari Guggenheim Museum ini yaitu
desainnya yang bergaya karya arsitektur kontemporer atau Corak bangunannya
bergaya dekonstruksi yang unik dari seni arsitektur modern. Museum yang berada
di Spanyol tersebut memiliki pameran tetap dan mengunjungi karya-karya seniman
Spanyol dan internasional.
Guggenheim selesai dibangun tahun 1980
Bangunan ini menjadi arsitektur yang merupakan momen tunggal dalam budaya
arsitektur karena berupa arsitektur langka. Bangunan menempati total 24000
meter persegi dan terdiri dari serangkaian volume kompleks yang berinteraksi
satu sama lain dengan cara spektakuler, dengan jelas mengabaikan hukum statika.
Museum ini adalah bangunan paling sering disebut sebagai karya yang menakjubkan
tak hanya di Spanyol tetapi juga di tingkat internasional. Hal tersebut
berdasarkan survey di kalangan ahli arsitektur di tahun 2010.
Bangunan ini menjadi yang paling penting dari
karya-karya yang terkandung di dalamnya dan salah satu bangunan paling
spektakuler dari dekonstruksionisme. Dirancang di perairan yang tercermin
meningkat bahkan lebih yang spektakuler, terutama pada malam hari ketika Anda
mempertimbangkan bahwa tingkat air ditempatkan burner yang menonjol api
berwarna dicampur dengan semprotan air.
Bentuk
bangunan ini sering diinterpretasikan sebagai seekor ikan, walaupun
ia tidak secara eksplisit tergambar seperti itu. Namun konteks kota Bilbao yang
berada di antara dua sungai dan tapak Guggenheim sendiri yang berada di tepi
air menjadikan proses pembentukan bangunan ini mengambil
bentuk dari seekor ikan dengan pola bekas air
di sekitarnya Frank Gehry mengambil bentuk ikan ini dikarenakan bangunan ini
diapit oleh dua sungai.
Yang mencolok dari bangunan ini adalah,
elemen penutup yang menyelimuti hampir seluruh bangunan ternyata bukan dari
pelat besi atau aluminium seperti pada karya-karya Gehry sebelumnya, melainkan
terdiri dari lapisan bahan metal yang sangat kuat dan tahan ratusan tahun,
yaitu titanium, yang biasanya digunakan untuk membuat pesawat terbang.
Dampak dengan lingkungan sekitarnya tentu
kuat tetapi tidak cukup untuk membuat gangguan, memang struktur mengesankan
menyatu dengan lingkungan berkat keanggunan sederhana dari bahan Titanium yang
membuat struktur brilian hampir seperti sisik ikan (lembaran batu kapur dan
lembar kaca yang dibentuk oleh thermal kristal ganda yang melindungi interior
dari panas dan radiasi matahari).
Pemandangan paling spektakuler adalah didalam
atrium setinggi 55 m yang tersusun dari kepingan- kepingan dinding masif dan
transparan yang meliuk-liuk dan menciptakan ruang yang yang sangat plastis dan
sculptural. Eksteriornya memiliki gaya yang unik berbahan kaca dan batu pasir
serta berlapis plat titanium. Dari atrium ini kita juga bisa menuju ruang luar
yang menghadap sungai dan kota tua Bilbao sengan bukaan kaca berukuran besar
yang dilengkapi kanopi berkolom tunggal dan menjorok ke arah sungai.
Di sekitar area museum terdapat dua patung
unik. Tepatnya di pintu masuk berdiri anjing raksasa yang terbuat dari
rangkaian ratusan bunga hasil kreasi Jeff Koons. Tak jauh dari
situ, giant spider karya Louise Bourgeois ikut berdiri
dengan angkuhnya menghadang setiap pengunjung museum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar